Friday, April 29, 2011

Setting Dial-Up Internet Telkomsel, Matrix, Mentari, IM3, XL, AXIS menggunakan/di Komputer

Setelah blogwalking selama beberapa jam (tepatnya 6 jam). Saya selalu meng-check BoTD (Blog of The Day) bagian Top Post karena saya sempat menduduki peringkat ke-14 (Asik. Prestasi yang keren) dengan artikel Setting GPRS AXIS, IM3, XL, Telkomsel, Mentari Nokia 5300. Pada jam 2:35 PM, saya melihat artikel berjudul Setting Dial Up Internet menggunakan operator GSM dan CDMA. Karena pada saat itu artikelnya kurang lengkap, saya membuat artikel ini agar lebih membantu charless. Baca dulu artikel ini, jika sudah paham baru praktekkan. Langsung saja (Cara ini dikhususkan untuk OS Windows. Sudah teruji di Microsoft Windows XP) :
Install Modem Handphone

  1. Tentukan HP yang akan anda pakai.
  2. Instalasi perangkat driver handphone anda. Lakukan cara ini, jika Operating System anda tidak dapat mengenali handphone anda.
  3. Setelah penginstalan driver. Klik Start > Control Panel > Phone and Modem Options (Control Menu, Display as a Menu). Ini untuk Display as a Link, Klik Start > Control Panel > Printer and Other Hardware > Phone and Modem Options
  4. Setelah terbuka window “Phone and Modem Options”, pilih Tab Modems dan klik Add…
  5. Di window “Add Hardware Wizard”, centang (ceklis)-kan pilihan “Don’t detect my modem; I will select it from a list” > Next
  6. Di bagian “Install New Modem”, pilih (Standard Modem Types) di Manufacturer dan pilih Standard 56000 bps Modem di Models > Next
  7. Lalu pilih Ports yang akan di install. Biar lebih gampang pilih saja All ports > Next. Catatan : Jika anda tahu port USB (COM-x) yang sedang nempel dengan handphone anda. Pilih Port tersebut saja. Membuat lebih gampang dalam menyetting. Dan jangan lupa untuk selalu memasang kabel USB ke port tersebut bila akan melakukan koneksi internet.
  8. Finish
Setting pada modem handphone anda
  1. Di Tab “Modems”, pilih Modem Standard 56000 bps Modem > Properties
  2. Pilih Tab “Advanced”, isikan Extra initialization commands format: at+cgdcont=1,”IP”,”[APN]. APN yang dimaksud adalah Access Point Name untuk kartu GSM-nya. (Sebenarnya tidaklah selalu sama APN dengan yang di Extra initialization. Contohnya Telkomsel GPRS) Berikut daftar Access Point Name Kartu GSM :

Telkomsel Flash Telkomsel GPRS Indosat (Matrix/Mentari) Indosat (Im3) AXIS XL (Xplor/Bebas/Jempol)
APN FLASH TELKOMSEL www.satelindogprs.com www.indosat-m3.net AXIS www.xlgprs.net
Jadi, untuk memasukkan data di Extra initialization caranya seperti ini:
Misal, mo pasang yang im3 berarti extra initializationnya : at+cgdcont=1,”IP”,”www.indosat-m3.net”
Beda halnya jika menggunakan Telkomsel GPRS, extra initialization : at+cgdcont=1,”IP”,”internet”
  1. (3) Lakukan hal tersebut pada setiap COM. Tidak dianjurkan. Lakukan ini jika anda mencobanya untuk konek tapi gagal. Dianjurkan untuk tidak melakukan setting ini di COM1.
  2. (4) Jika sudah selesai. Klik OK untuk mengakhirinya.
Buat Koneksi Dial-up
  1. Start > Control Panel > klik kanan di Network Connection > Open > pilih “Create a new connection” > Next > pilih “Connect to the network at my workplace” (Display as a menu) ATAU Start > Control Panel > Network and Internet Connections > Pilih “Create a connection to the network at your workplace” (Display as a link).
  2. Pilih Dial-up Connection > Pilih Modem – Standard 5600 bps Modem #x (COMx) > Next
  3. Masukkan Company Name anda. Saya sarankan untuk mengisinya dengan Nama kartu yang anda pakai. Next
  4. Masukkan Phone Number dengan *99***1# karena untuk semua operator GSM menggunakan nomor telepon ini.
  5. Finish
Akhirnya, Koneksi dengan Internet!!!
  1. Start > Control Panel > klik kanan di Network Connection > Open (Display as a Menu) atau Start > Control Panel > Network and Internet Connections > Network Connection (Display as a Link).
  2. Dibagian Dial-up pilih Settingan yang baru anda buat (Company Name yang anda pilih) dengan klik dua kali atau enter.
  3. Dan berikut UserName dan Password untuk masing-masing provider GSM
Kartu GSM Username Password
Telkomsel (Durasi) <kosongkan> <kosongkan>
Telkomsel (Data) wap wap123
Matrix (Data) <kosongkan> <kosongkan>
Mentari (Data) indosat indosat
IM3 (Data) gprs im3
IM3 (Durasi) indosat@durasi indosat@durasi
XL (Data) xlgprs proxl
AXIS AXIS 123456
  1. (4) Dan DIAL…

CATATAN : Untuk mengubah settingan (Display as menu/link) control panel di Task bar caranya. Klik kanan di taskbar > properties > tab “Start Menu” > Customize > Tab “Advanced” > Pilih Display as a Link/Menu di bagian Control Panel > Ok > Ok.

0 comments:

Post a Comment