Tuesday, July 5, 2011

Gedung di Korsel Goyang Tanpa Sebab

Gedung Technomart (Foto: Flickr)
Gedung Technomart (Foto: Flickr)
SEOUL - Ratusan warga berhamburan keluar pusat perbelanjaan di Seoul, Korea Selatan (Korsel) hari ini. Mereka berlarian setelah gedung pusat perbelanjaan tersebut terguncang tanpa sebab.

Warga berlarian dari dalam gedung saat bangunannya bergoyang selama kurang lebih 10 menit. Gedung Technomart dengan 39 lantai tersebut terletak di Distrik Gwangjin.

"Gedung itu bergoyang keras. Saya merasa pusing dan hampir saja muntah," ungkap seorang warga yang menjadi saksi Lee Ji-Soo seperti dikutip Chosun Ilbo, Selasa (5/7/2011).

Petugas pemadam kebakaran langsung mengirimkan enam mobil pemadam ke lokasi kejadian. Puluhan polisi pun langsung melakukan penjagaan ketat di sekitar wilayah gedung. Disaat bersamaan, pekerja beserta konsumen dari pusat perbelanjaan langsung keluar dari dalam gedung.

Hingga kini tidak jelas apa penyebab dari bergoyangnya gedung tinggi tersebut. Penyelidikan atas keselamatan gedung juga masih terus dilakukan guna mencari penyebabnya. Saat itu jelas tidak ada laporan terjadinya gempa di sekitar Korsel.

Pusat perbelanjaan itu mengakomodir toko-toko yang menjuat peralatan elektronik, perlengkapan rumah beserta toko buku. Gedung perbelanjaan ini juga dilengkapi bioskop serta beberapa ruang perkantoran.

Pemerintah setempat mengkhawatirkan peristiwa runtuhnya pusat perbelanjaan Sampoong kembali terulang. Peristiwa yang terjadi pada 1995 silam, dilaporkan menewaskan lebih dari 500 orang.

0 comments:

Post a Comment