Saturday, October 29, 2011

Review PC Client Cycrone V600


Dengan bantuan kit DOM, PC lawas pun bisa dimanfaatkan sebagai client yang bertenaga.
Sebuah perusahaan yang menggunakan banyak PC tentu berusaha untuk meminimalkan pengeluaran tanpa mengurangi kualitas. Tujuannya, meningkatkan kinerja para karyawannya.
Salah satu pos dana yang cukup memberatkan biasanya terletak padaupgrade komputer lawas yang memerlukan biaya tak sedikit. Maklum saja, PC yang ketinggalan zaman ini bisa dibilang kurang layak untuk bekerja dengan aplikasi yang baru.
Nah, kini muncul solusi murah yang bisa diterapkan guna menghemat pengeluaran upgradekomputer. Caranya, dengan menggunakan sebuah perangkat thin-client.
Cycrone V600 merupakan peranti thin-client berupa komputer mini yang memanfaatkan PC lain (yang difungsikan sebagai server) untuk bekerja. Dalam sistem ini, kemampuan sebuah server akan dibagi ke seluruh client yang terhubung. Dengan begini, komponen tua di clientakan digantikan oleh dapur pacu server yang lebih bertenaga.
Cycrone sendiri hanya berisi mainboard, prosesor, dan memori berteknologi lama. Kita hanya perlu menancapkan monitor, mouse, dan keyboard untuk bisa menggunakan produk ini.
Yang menarik, pada Cycrone V600 tertanam unit DoM (Disk On Module) seukuran kotak korek api. DoM merupakan flash drive 256 MB untuk menyimpan sistem operasi Linux. Sistem operasi ini akan menghubungkan client ke server via serangkaian konfigurasi yang mudah. Pada server pun disediakan aplikasi untuk melakukan proses koneksi tersebut. DoM ini sendiri terhubung ke PC client pada koneksi IDE dan bisa digunakan di berbagai PC lawas yang masih menyediakan koneksi ini. Dengan begini, komputer lawas tak perlu di-upgrade atau dijual untuk bisa membangun sebuah jaringan.  
Unit Cycrone V600 yang tertanam DoM sebenarnya ditawarkan jika Anda belum memiliki komputer. Jika sudah, Anda hanya perlu membeli unit DoM saja untuk ditancapkan ke komputer yang akan dihubungkan ke server. Dengan sistem ini, sebuah server bisa diakses oleh sekitar 60-100 user. Tentu ini merupakan penghematan yang besar bukan?
(Dayu Akbar--Kontributor)
***
Jika memang berniat membangun jaringan yang cukup tangguh, kami sarankan Anda menyiapkan server yang cukup bertenaga untuk dibagi-pakai ke banyak client. Solusithintclient seperti ini memang menarik bagi UKM yang berniat membangun jaringan memanfaatkan PC lawas yang ada, sehingga menghemat biaya upgrade.

Spesifikasi PC Cycron X86 (V600)
Tipe prosesor
VIA C3 1,0 GB
Memori
DDR 256 MB
Resolusi grafis
1440x900 pixel
Kebutuhan daya
12 V 5 Amp
Panel belakang
- 2x PS/2
- 1x LPT
- 1x Serial COM
- 1x D-Sub, 4x USB2.0
- 1x LAN, 1x Audio (stereo dan mikrofon)
Storage
2x SATA3, 4x SATA2, 1x eSATA2
Sistem operasi (pada DoM)
Cyclone Linux
Dukungan sistem operasi (Server)
Windows XP/Vista/7/Server2003/Server 2008 (32 dan 64-bit)
Dimensi
19x6x21,5 cm
Bobot
1,98 Kg
Garansi
2 tahun
Situs Web
Harga kisaran (thin client/DoM)*
Rp1.700.000/Rp.550.000
*Fujitech Digital Technology (021) 351-1638, Minggu pertama Juli 2011



DoM-Kit 
DoM Kit merupakan media storage yang didalamnya telah dipasangi sistem operasi berbasis Linux (dengan nama Cyclone Linux).



Konektor IDE 

DoM-Kit menggunakan koneksi IDE layaknya harddisk model lawas, sedangkan thin client ini sendiri menyertakan dua konektor IDE.





Port belakang 

Bagian belakang telah dibekali koneksi lawas seperti port LPT, Serial COM dan D-Sub bagi penggunaan secara lebih fleksibel.

Plus     : Dilengkapi disk-on-modulesharing hingga 100 user; lebih stabil dan cepat berkat spesifikasi dari server; cukup satu kali instalasi pada satu komputer.
Minus : Kurang user friendly untuk pengguna awam.

0 comments:

Post a Comment